S1 Pendidikan Keagamaan Buddha

VISI dan MISI

Visi

“Menjadi pusat unggulan Pendidikan Agama Buddha yang berdasarkan Sikkha dan Ehipassiko, berlandaskan Prajñā dan Karuṇā”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dibidang keagamaan Buddha dengan pendekatan Sikkha dan Ehipassiko.

  2. Menyelenggarakan riset dalam bidang Pendidikan Keagamaan Buddha dengan pendekatan multi-interdisipliner, yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan.

  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi keilmuan dan nilai-nilai Buddhis dalam menjawab persoalan Sosial, Pendidikan, dan Spiritual sesuai perkembangan zaman.

  4. Menjalin Jejaring Kerjasama dengan lembaga pendidikan formal dan non-formal, Pemerintah, Dunia Industri dan Masyarakat untuk meningkatkan kualitas Pendidikan, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan, terampil dan profesional dibidang Pendidikan Agama Buddha
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengembangkan inovasi pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Buddha.
  3. Menghasilkan luaran penelitian yang relevan dan dapat dijadikan rujukan dalam perkembangan bidang Pendidikan Agama Buddha.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi penunjang sebagai tenaga kependidikan dan Edupreneur yang mampu menginisiasi, mengelola, serta mengembangkan layanan Pendidikan Keagamaan Buddha.
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan Pendidikan Agama Buddha secara berkelanjutan dengan pendekatan nilai-nilai Sikkha dan Ehipassiko.
  6. Memperluas jejaring kerja sama dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dunia industri, dan masyarakat untuk mendukung kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

STRATEGI

  • Mengembangkan kurikulum berbasis nilai-nilai Prajñā dan Karuā, keilmuan interdisipliner dan multidisipliner, serta kompetensi kerja di bidang Pendidikan Keagamaan Buddha yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder
  • Melakukan review kurikulum Prodi Pendidikan Keagamaan Buddha secara berkala sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder di tingkat nasional maupun internasional
  • Program Studi menyusun Body Of Knowledge Pendidikan Agama Buddha sebagai landasan kurikulum guna mewujudkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial lulusan.
  • Program Studi mengadakan pelatihan Bahasa (Inggris dan Mandarin) bagi sivitas akademika melalui kerja sama mitra dan stakeholder.
  • Membangun suasana akademik yang integratif melalui kegiatan kurikuler dan non-kurikuler, seperti penugasan terstruktur, publikasi ilmiah, pelatihan, pemagangan, diskusi dan seminar ilmiah, kuliah dosen tamu, pengabdian masyarakat, serta partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai forum akademik.
  • Menyelenggarakan workshop metodologi penelitian dan penulisan artikel ilmiah bagi dosen dan mahasiswa.
  • Menyediakan, memanfaatkan, dan memelihara prasarana-sarana untuk mendukung pelayanan dan kelancaran kegiatan pendidikan dan pembelajaran.
  • Melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), seperti PLP, PPL, KKN, magang di lembaga pendidikan dan keagamaan, serta riset terapan berbasis komunitas umat Buddha.
  • Mendorong peningkatan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa.
  • Mendorong dan memfasilitasi dosen melanjutkan studi doktoral (S3) pada bidang keilmuan yang mendukung pengembangan keilmuan Pendidikan Keagamaan Buddha.
  • Menyelenggarakan riset kolaboratif dengan dosen mitra perguruan tinggi.
  • Menyelenggarakan pelatihan dan program peningkatan kompetensi mahasiswa dibidang pendidikan, kewirausahaan, teknologi pembelajaran, serta keterampilan sosial dan spiritual Buddhis.
  • Memfasilitasi penyaluran lulusan melalui publikasi, seminar, penyampaian informasi, magang, kerjasama.
  • Memfasilitasi dosen untuk aktif dalam forum ilmiah lokal, nasional, dan internasional, serta dalam kegiatan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah.
  • Mengoptimalkan promosi digital melalui Instagram, TikTok, dan YouTube untuk menarik minat generasi muda dan mitra.
  • Mengoptimalkan peran tenaga kependidikan untuk mendukung kelancaran layanan dan kegiatan program studi.
  • Menjalin kerasama dengan berbagai pihak, baik lembaga pendidikan, organisasi keagamaan, pemerintah, dan masyarakat.