S1 Kepanditaan Buddha

VISI dan MISI

Visi

Menjadi Pusat Studi Kepanditaan dengan kajian Bhisakka Paramatha dan Agama Buddha Indonesia secara multi-interdisipliner berlandaskan nilai-nilai Prajñā dan Karuṇā

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan kepanditaan yang unggul dan humanis berdasarkan nilai-nilai Prajñā (kebijaksanaan) dan Karuā (welas asih), guna mencetak Pandita Agama Buddha Indonesia yang kompeten dan berintegritas.

  2. Mengembangkan kurikulum dan proses pembelajaran interdisipliner yang mengintegrasikan kajian Bhisakka Paramatha dan Agama Buddha Indonesia dengan Ilmu Sosial, Filsafat, dan Teknologi Informasi dalam konteks kekinian.

  3. Melaksanakan penelitian ilmiah di bidang Buddhologi dan Kepanditaan, dengan pendekatan multi-interdisipliner untuk menghasilkan karya-karya akademik yang mendukung pengembangan Ilmu, Praktik Keagamaan, dan Sosial-Budaya.

  4. Mendorong budaya meneliti di kalangan dosen dan mahasiswa sebagai upaya memperkuat identitas akademik dan kontribusi terhadap Perkembangan Kajian Buddhis di tingkat Nasional maupun Internasional.

  5. Mengimplementasikan pengabdian kepada masyarakat berbasis spiritualitas Buddhis dan kearifan lokal guna membina kerukunan, kesejahteraan, serta kesadaran etika dalam kehidupan sosial.

  6. Menjalin kemitraan strategis dengan Lembaga Keagamaan, Komunitas Buddhis, dan Institusi Pendidikan untuk memperluas jejaring praktik, pelatihan, dan pengembangan kompetensi lulusan.

  7. Meningkatkan kapasitas dan profesionalisme sumber daya manusia dalam pengelolaan program studi melalui pelatihan, sertifikasi, serta pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung tata kelola pendidikan yang unggul.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepanditaan yang profesional, berkarakter, dan berlandaskan nilai-nilai Prajñā (kebijaksanaan) dan Karuā. (welas asih), serta mampu membimbing umat sesuai ajaran Agama Buddha Indonesia.
  2. Membentuk Pandita dan pelayan umat yang adaptif dan empatik, serta mampu menerapkan ajaran Bhisakka Paramatha dalam menghadapi tantangan Sosial, Budaya, dan Spiritual Masyarakat Kontemporer.
  3. Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang kontekstual, inovatif, dan kolaboratif dengan pendekatan multi dan interdisipliner untuk meningkatkan daya saing lulusan di tingkat nasional dan global.
  4. Mendorong terciptanya karya ilmiah di bidang Buddhologi, Kepanditaan, dan Spiritualitas Buddhis yang bermanfaat bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan, Kehidupan Beragama, dan Kebijakan Publik.
  5. Menumbuhkan budaya riset di kalangan dosen dan mahasiswa dalam rangka penguatan keilmuan, pelestarian tradisi Buddhis Nusantara, serta kontribusi terhadap pemikiran keagamaan yang relevan dengan zaman.
  6. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak nyata, dengan memanfaatkan ajaran Buddha dan praktik spiritual sebagai solusi atas persoalan Sosial, Etika, dan Lingkungan Hidup.
  7. Meningkatkan tata kelola Program Studi yang transparan, akuntabel, dan berkelanjutan, serta membangun jejaring kerja sama dengan berbagai pihak demi penguatan kapasitas akademik dan kelembagaan.

STRATEGI

  • Menerapkan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) yang selaras dengan capaian pembelajaran lulusan dan kebutuhan masyarakat.
  • Meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga pendidik melalui pelatihan pedagogik, workshop kajian kepanditaan, serta sertifikasi keprofesian.
  • Mengembangkan metode pembelajaran inovatif dan interaktif seperti pembelajaran berbasis proyek, studi kasus, dan praktik lapangan keagamaan.
  • Memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran daring, perpustakaan digital Buddhis, serta penguatan literasi digital spiritual.
  • Mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan riset kolaboratif dalam Bidang Buddhologi, Kepanditaan, dan Bhisakka Paramatha.
  • Mengembangkan pusat studi dan kelompok riset tematik yang mendalami isu-isu strategis seperti etika Buddhis, terapi kesadaran, dan moderasi beragama.
  • Meningkatkan publikasi ilmiah melalui jurnal terakreditasi, seminar Nasional/Internasional, dan penerbitan buku ajar atau monograf.
  • Mengintegrasikan pengabdian masyarakat ke dalam kurikulum dan KKN Tematik, berbasis pada nilai-nilai Karuna dan Metta.
  • Menjalin kerja sama dengan vihara, komunitas Buddhis, dan lembaga sosial untuk kegiatan pelatihan spiritual, ceramah agama, dan pembinaan moral masyarakat.
  • Mengembangkan program pelatihan berbasis terapi kesadaran dan meditasi Buddhis yang aplikatif dan inklusif bagi masyarakat umum.
  • Memperkuat tata kelola program studi berbasis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) untuk menjamin keberlanjutan mutu akademik dan non-akademik.
  • Membangun jejaring kemitraan Nasional dan Internasional untuk pertukaran Akademik, Benchmarking Kurikulum, dan Kolaborasi Tridharma.
  • Mengembangkan sistem informasi akademik dan pelaporan kinerja yang efisien, akuntabel, dan transparan untuk seluruh pemangku kepentingan.