VISI dan MISI
Visi
“Menjadi Pusat Studi Komunikasi Visual yang Adaptif dan Inovatif secara Multi-interdisipliner berlandaskan Nilai-nilai Prajñā dan Karunā”
MISI
Menyelenggarakan Pendidikan Komunikasi Visual yang Unggul, Adaptif dan Inovatif, dengan Integrasi Teknologi dan Seni berbasis Pendekatan multi-interdisipliner.
Menyelenggarakan Pendidikan Komunikasi berlandaskan Nilai-nilai Buddhis yang menanamkan Sammavacca dalam praktik komunikasi.
Menyelenggarakan Program Riset dibidang Komunikasi dan Penyiaran yang berkontribusi Kebutuhan masyarakat dengan berbasis multi-interdisipliner.
Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Rangka Aktualisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi Sesuai Perkembangan Jaman.
Menjalin Kerja sama dengan Masyarakat, Pemerintah, Dunia Industri, dan Dunia Pendidikan pada kancah Nasional dan Internasional Secara berkelanjutan untuk terus Berinovasi.
TUJUAN
Menghasilkan lulusan yang adaptif dan inovatif dalam bidang Komunikasi Visual, mampu menghadapi perubahan Teknologi, Sosial, dan Budaya secara Dinamis.
Menghasilkan lulusan komunikasi yang kompeten dan profesional di bidang Jurnalistik, Broadcaster, Event Organizer, Publik Relation Officer, Presenter dan bidang lainya yang berintegritas, berinovasi, humanis, berdaya saing, Responsif, berkarakter Buddhis serta bertanggung jawab sosial untuk berkontribusi di dalam masyarakat.
Menghasilkan Luaran Penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu komunikasi dan agama Buddha di Indonesia.
Menghasilkan program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di bidang Komunikasi Buddhis yang berbasis Sammavacca, Prajna dan Karuna secara berkelanjutan.
Menumbuhkan sikap inklusif dalam membangun jejaring dengan Masyarakat, Pemerintah, Dunia Industri, dan Dunia Pendidikan pada kancah nasional dan internasional Secara berkelanjutan untuk terus Berinovasi.
STRATEGI
Setiap tahun prodi Ilmu Komunikasi Buddha melakukan review kurikulum untuk disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder di lingkungan Nasional dan Internasional.
Mengembangkan kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi Buddha yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan stakeholder.
Menyusun body of knowledge Ilmu Komunikasi Buddha yang kemudian dijadikan sebagai landasan rancangan kurikulum yang mampu merealisasikan kompetensi bidang Jurnalistik, Broadcaster, Event Organizer, Publik Relation Officer, Presenter dan bidang lainya.
Prodi Ilmu Komunikasi Buddha mengirim mahasiswa pada program Praktek Kerja Lapangan pada lembaga- lembaga dibidang Ilmu Komunikasi (Radio, Televisi, Koran, Kominfo, Perusahaan, Rumah Sakit, Pariwisata) dalam kancah Nasional dan Internasional.
Prodi Ilmu Komunikasi Buddha menyelenggarakan riset kolaboratif dosen dengan mitra perguruan tinggi.
Menyelenggarakan workshop metodologi penelitian bagi dosen dan mahasiswa setiap tahun.
Prodi Ilmu Komunikasi Buddha menyelenggarakan kursus peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalam bidang Ilmu Komunikasi (Pelatihan Jurnalistik, Pelatihan Public Speaking, Pelatihan Animasi, Pelatihan Videografi dan lain-lain).
Melaksanakan sistem pembelajaran yang menghasilkan kompetensi utama, kompentensi metodologi, kompetensi penunjang, dan kompentensi lainnya secara seimbang.
Membangun suasana akademik yang terintegrasi dengan kegiatan kurikuler dan non-kurikuler, seperti penugasan, fasilitas publikasi ilmiah, pelatihan, pemagangan, diskusi ilmiah, seminar, utusan mahasiswa dalam forum ilmiah, kuliah tamu, dan pengabdian masyarakat.
Memfasilitasi penyaluran lulusan melalui publikasi, seminar, penyampaian informasi, magang, kerjasama.
Memfasilitasi kegiatan dosen dalam forum-forum ilmiah baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional, serta dalam kegiatan penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah.
Mengoptimalkan tenaga kependidikan demi kelancaran pelayanan dan kelancaran kegiatan Prodi Ilmu Komunikasi.
Menyediakan, memanfaatkan, dan memelihara prasarana-sarana untuk mendukung pelayanan dan kelancaran kegiatan Prodi Ilmu Komunikasi.
Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung dan menguatkan pengembangan Prodi Ilmu Komunikasi Buddha.